-->

8 Tips Memilih Template Blog


8 Tips Memilih Template Blog

8 Tips Memilih Template Blog


Sebagai seorang blogger, pastinya pernah ya memilih-milih template untuk dipasang di blog nya. Saya pun juga demikian. Dan itu sangat membuat bingung, karena template nya bagus-bagus. Mungkin bagi para blogger yang mahir dalam mengotak-atik CSS ataupun HTML tidak begitu pusing memikirkan template mana yang akan di pakai nantinya, tinggal edit sesuai selera. Namun bagi seorang blogger pemula yang mungkin sangat awam dengan yang namanya kode HTML maupun CSS, hanya mengandalkan template yang ada tanpa mengeditnya.

Tidak masalah juga sih menggunakan mentah-mentah template yang ada, karena sang pembuat template pun saat ini sudah memaksimalkan tampilan maupun performa nya sehingga bisa langsung dipakai tanpa harus mengeditnya. Apalagi template yang versi Premium, tentunya tidak diragukan lagi. Hanya mengedit URL navigasinya saja dan siap publish.

Namun untuk para blogger awam, biasanya asal comot saja template yang ada di situs penyedia template, asal tampilan keren, ya sudah, pake itu saja. Bener gak...? Karena saya dulu juga begitu. Dijaman sekarang ini sebuah template harus memiliki beberapa kriteria yang harus kita perhatikan untuk blog kita agar hasilnya bisa maksimal. Diantaranya ...

#1. Desain

Yang pertama ini pastinya adalah Desain Template. Ya, pas kita mencari template, tentu yang kita lihat adalah Desainnya. Untuk memilih Desain kita bisa mencari yang sesuai dengan Tema Blog kita. Kalau Blog kita mengusung Tema Film ataupun Jual Beli tentunya agar terkesan profesional harus memilih desain template yang sesuai atau yang cocok untuk tema tersebut.

Sebagai contoh untuk blog dengan tema portal berita, biasaya menggunkan template Magazine. Atau template yang mirip Liputan 6, Tribun ataupun yang lainnya.

#2. Warna

Untuk warna ini menurut saya sangatlah penting. Karena apa? Dengan warna yang tidak terlalu mencolok pastinya membuat mata nyaman untuk berlama-lama di blog tersebut. Tetapi bila kita membuka halaman blog dengan warna yang sangat mencolok, pasti kita tidak akan betah berlama-lama disitu, meskipun ada artikel yang sedang kita cari. Warna yang terlalu mencolok akan membuat mata kita cepat lelah, apalagi kalau kita melihatnya pada malam hari.
Jadi untuk warna ini, carilah warna yang bagus, tidak mencolok agar mata kita merasa nyaman.

Kalau kita sudah menemukan Desain yang cocok untuk blog kita, tetapi warna tidak terlalu suka, kalian bisa edit sendiri warnanya. Tentunya harus teliti dan paham cara mengedit warna pada template blog.

#3. Responsive

Responsive adalah sebuah blog akan terlihat bagus di semua perangkat, baik itu Dekstop, Tablet ataupun Ponsel. Sekarang ini pengguna internet mayoritas menggunakan media Seluler (tablet ataupun ponsel), lain kalau jaman dulu, komputer saja harus pergi ke warnet.

Dengan menggunakan template yang Responsive, desain blog akan mengikuti ukuran dari layar dan tetap terlihat Bagus dan Rapi. Dengan demikian para pengunjung Blog akan nyaman karena artikel yang ditampilkan tersusun sempurna, kita tinggal menggeser Naik ataupun Turun saja.

#4. Mobile Friendly

Mobile Friendly ini hampir sama dengan Responsive, tetapi berbeda. Lalu apa itu Mobile Friendly? Mobile Friendly adalah template yang di desain untuk tampilan Mobile (Tablet ataupun Ponsel). Jadi elemen-elemen yang ada di tampilan Dekstop akan di kurangi atau dihilangkan, hanya ditampilkan yang penting-penting saja.

#5. Kecepatan

Baru-baru ini kecepatan load halaman blog menjadi hal yang sangat penting dan di prioritaskan. Bahkan Google pun telah merilis system baru yang namanya AMP (Accelerated Mobile Pages). Google juga menyarankan untuk blog Non-AMP agar beralih ke AMP. Karena ada banyak keuntungan yang didapat bila kita menggunakan AMP. Tetapi bagi yang belum mau pindah ke AMP, kalian bisa mencari template yang memiliki speed yang cepat. Untuk mengecek kecepatan loading halaman blog, bisa melalui situs ini. https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.
Ketika membuka halaman blog dengan cepat, pastinya pengunjung akan senang, tetapi kalau harus menunggu lama untuk membuka halaman blog, pasti akan merasa kesal. Seperti pepatah bisnis mengatakan, "Waktu adalah Uang". Kalau kita sebagai blogger, "Waktu adalah Ilmu" .. hahahaha.....

#6. SEO Friendly

Gunakan template yang SEO Friendly. Apa itu SEO Friendly? Template SEO Friendly yaitu template yang dapat menjadikan sebuah blog disukai oleh mesin Pencari sehingga artikel mudah terindex oleh mesin pencarian Google, Bing ataupun mesin pencarian yang lain. Kurang lebih seperti itu menurut pemahaman saya sih, karena saya bukan Ahli SEO. Namun kita sebagai orang awam tentang SEO Friendly, bisa melihat ciri-cirinya, antara lain:
  • Data Terstruktur.
    Ini membantu mesin pencarian Google untuk memahami isi dari halaman sebuah Blog atau Website.
  • Terdapat Tag Heading H1, H2, H3 dan seterusnya.
  • Fast Loading.
  • Valid HTML maupun CSS nya.
    Sebuah template akan terlihat Bagus, Rapi dan Sama bila kita membuka nya di semua Browser. Misal Mozilla, Chrome, Edge, IE, Safari dan lainnya.
  • Responsive.
  • Mobile Friendly

#7. Menu Navigasi

Menu Navigasi ini juga penting untuk sebuah blog. Dengan menu navigasi yang jelas, maka pengunjung akan dengan mudahnya melihat isi dari blog tersebut.
Yang termasuk dalam Menu Navigasi ini antara lain:
  • Header Menu.
    Navigasi yang berada di Bagian Atas sebuah template.
  • Sidebar.
    Untuk menempatkan Widget yang berada di samping kanan atau kiri sebuah blog.
  • Related Post / Artikel terkait.
  • Kolom Komentar.
    Ini berguna untuk menjalin hubungan antara pemilik Blog dengan para pengunjung.

#8. High CTR Adsense

Template yang dapat meningkatkan potensi pengunjung meng-klik iklan adsense. Ini dapat meningkatkan jumlah penghasilan dari Google Adsense hingga berlipat-lipat.

Itulah beberapa Tips memilih Template Blog agar memiliki hasil yang maksimal. Bila kalian tidak mau ribet dengan yang diatas, kalian bisa menggunakan Template Premium atau Berbayar. Biasanya template Premium sudah memiliki semua ciri-ciri yang saya sebutkan di atas.

3 Komentar untuk "8 Tips Memilih Template Blog"

  1. makasih nih tips nya ya gan, jadi ga bingung lagi hehe

    BalasHapus
  2. Nice artikel bg, sngt brmanfaat untuk saya yng pemula ini😉😉Seklian nitip link ya gan http://techdefault.blogspot.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel